Minggu, 02 April 2017

BENUA AUSTRALIA



BENUA AUSTRALIA


Benua-AustraliaBenua Australia ditemukan oleh James Cook dari Inggris Pada tahun 1769. Merupakan benua terkecil. Di benua ini hanya terdapat satu negara.
Secara astronomi benua Australia terletak pada 113o BT – 154o BT dan 10o LS – 44oLS. Luas benua Australia adalah 7.683.300 km2
Batas-batas benua Australia adalah:
Sebelah Utara             : Indonesia dan Papua Nugini
Sebelah Selatan          : Laut Antartika
Sebelah barat              : Samudera Hindia
Sebelah Timur            : Selandia Baru
KEADAAN ALAM
1.  Wilayah Barat dan Tengah
Wilayah ini terdiri atas pegunungan Mac Donnell dan Pegunungan Musgrave. Selain itu wilayah ini juga berupa gurun, antara lain: Gurun Pasir Besar, Gurun Pasir Victoria, dan Gurun Pasir Gibson.
2. Wilayah Timur
Wilayah ini berupa barisan pegunungan yang memanjang dar Tanjung York sampai Tasmania. Kawasan pegunungan ini disebut Eastern Highlands, merupakan rangkaian Pegunungan Alpen Australia. Gunung tertingg di Australia adalah Gunung Kosciusko (2.228 m).
 3. Wilayah Tengah
Terdapat pegunungan Plato dan Barisan Pegunungan Timur. Diantara kedua pegunungan tersebut terdapat Lembah Murray-Darling dan dataran rendah. Danau yang ada di wilayah ini, yaitu: Danau Eyre (merupakan danau terbesar di Australia), Danau Carey, Danau Mackay, Danau Disappoinment, dan Danau Amadeus. Di wilayah tengah juga terdapat gurun Pasir Simpson. Wilayah ini memanjang dari Teluk Carpentaria sampai ke pantai selatan.
Di Benua Australia terdapat karang terbesar di dunia yaitu Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef) adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).
 PENDUDUK
Sebagian besar penduduk Australia adalah pendatang dari Inggris. Penduduk asli Autralia adalah sukuAborigin (Negro Australia), dengan senjata tradisionalnya Bomerang. Daerah-daerah yang ditempati suku Aborigin disebut Aborigin Reservation.
Penduduk Australia sebagan besar beragama Kristen Protestas dan Kristen Katholik, sebagian lagi beragama Islam dan Budha.
 PEMERINTAHAN
Australia diberi kemerdekaan Inggris pada tanggal 1 Januari 1901. Nama resmi negara Australia adalahCommonwealth of Australia. Australia adalah negara persemakmuran Inggris. Negara persemakmuran adalah perserikatan antarnegara-negara bekas jajahan Inggris yang masih mengakui Inggriss sebagai kepala negaranya.
Kepala negara Australia adalah Gubernur Jenderal. Kepala Pemerintahan adalah Perdana Menteri.
Australia adalah negara Federal. Negara federal adalah gabungan beberapa negara bagian. Ibu kota Australia adalah Canberra.Australia terdiri atas enam negara bagian dan dua wilayah teritorium. Tiap negara bagian dikepalai oleh Gubernur Jenderal.
Negara Bagian Australia
No.
Nama Negara Bagian
Nama Ibu Kota
1.New South WalesSydney
2.QueenslandBrisbane
3.South AustraliaAdelaide
4.TasmaniaHobart
5.VictoriaMelbourne
6.Western AustraliaPerth
 Nama Wilayah Teritorium
No.
Nama Teritorium
Nama Ibu Kota
1.Australian Capital TerritoryCanberra
2.Northern TerritoryDarwin

Lagu Kebangsaan Advance Australian Fair, Bahasa resmi adalah Bahasa Inggris, Mata uang Australia adalah dollar Australia.
Hasil Utama
1. Pertambangan
Hasil tambang Australia adalah emas, nikel, batubara, tembaga, besi, minyak bumi, gas alam, dan timbal.
  • Emas dihasilkan di New South Wales, Kalgoorlie, dan Australia Barat.
  • Timbal dihasilkan di kota Broken Hill, kawasan paling barat New South Wales, dan Mount Isa
  • Tembaga dihasilkan di Mount Lyell, dekat Queenstown.
  • Bijih besi dihasilkan di Whyalla di Pegunungan Midleback dan kawasan Pilbara
  • Nikel dihasilkan di Kambalda
  • Gas alam dan Minyak bumi di hasilkan di Queensland, Australia Barat, Victoria, dan Pulau Barrow
  • Batubara dihasilkan di hampir semua negara bagian kecuali Victoria
2. Peternakan
Hasil peternakan berupa wol, daging biri-biri, susu, dan daging sapi. Australia merupakan penghasil wol terbesar di dunia. Biri-biri dan domba banyak dipelihara di Victoria dan New South Wales. Sapi perah diternakkan di Victoria. Sapi pedaging banyak diternakkan di Australia Timur, Northern Territory, dan Kimberley.
 3. Pertanian
Hasil pertanian yang utama adalah gandum. Gandum banyak di tanam di Victoria dan New South Wales. Australia merupakan penghasil gandum ketiga terbesar di dunia. Hasil lain dari pertanian adalah jagung, anggur, buah-buahan, dan sayur-sayuran.
 4. Industri
Industri Australia adalah barang kimia, kapal laut, alat-alat listrik, dan mesin
 KOTA PENTING
1. Canberra, merupakan ibu kota negara dan pusat pemerintahan. Canbera juga merupakan pusat perdagangan internasional dan pusat pendidikan.
2. Sydney, merupakan kota industri utama di Australia, antara lain: industri perkapalan dan pertanian. Juga merupakan kota terbesar dan tertua di Australia dan pusat penjualan wol terbesar di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar